Hal hal kecil dalam hiduplah yang pada akhirnya membunuhmu

Its the little thing in life that finally kills you...
Hal hal kecil dalam hiduplah yang pada akhirnya membunuhmu...
Inilah bentuk pembunuh nomer satu di dunia... ya, ukurannya memang hanya beberapa milimeter. Sangat kecil, tapi kalau sampai terjadi dan menyumbat aliran darah di Jantung atau Otak... efeknya akan jadi sangat mematikan. Jika hal ini sampai terjadi (serangan jantung atau stroke) pada anda dan keluarga tindakan memulihkan aliran darah untuk menyelamatkan otot jantung atau sel otak harus dilakukan secepatnya.
Sayangnya tindakan PCI seperti yang diperlihatkan pada gambar dibawah karena keterbatasan fasilitas kesehatan saat ini mustahil bisa dilakukan secara cepat merata di indonesia. Hanya mereka yang hidup di kota-kota besar yang memiliki akses untuk hal tersebut. Itupun menjadi sulit terlaksana karena overload yang terjadi di banyak RS saat ini. Jadi hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah berupaya mencegahnya agar jangan sampai terjadi.

Untuk mencegahnya juga dengan hal hal kecil dan sederhana seperti:
  1. Makan yang sehat, tinggi serat dan vitamin secukupnya. Secukupnya ya, kebanyakan vitamin juga ngga sehat. Jaga kadar kolesterolnya.
  2. Olahraga intensitas sedang secukupnya (30 menit, 5x/minggu).
  3. Jangan merokok. Jangan punya kebiasaan minum miras, apalagi narkoba.  
  4. Tidurlah yang cukup >7 jam/hari. Tubuh manusia utuh istirahat yang cukup. Jika tidak, proses kompensasi tubuh yang timbul akan memicu timbulnya beragam penyakit dalam jangka panjang.
  5. Punya tekanan darah tinggi atau diabetes? Pastikan tekanan darah dan kadar gulanya terkontrol. Berobat tapi tekanan darah / gula darah tetap tinggi itu percuma.
Dari 5 poin diatas, mana yang sudah jadi kebiasaan anda?

0 Response to "Hal hal kecil dalam hiduplah yang pada akhirnya membunuhmu"

Posting Komentar

wdcfawqafwef