Apa Pengaruh Puasa Bagi Ibu Hamil dan Janin?

Puasa Bagi Ibu Hamil
Puasa Bagi Ibu Hamil
Apa Anda seorang ibu hamil atau mempunyai istri yang sedang hamil? Tahu ga sih kalau ibu hamil itu diperbolehkan puasa dari segi medis bahkan bisa mendatangkan manfaat? Lalu apa saja sih manfaatnya? Mari kita ikuti ulasan berikut ini.

Spesialis Kebidanan Rumah Sakit MRCCC Siloam dr Imam Rasjidi, SPOG (K) Onk mengatakan puasa dapat mencegah penyakit degeneratif pada janin dan ibu hamil seperti kolesterol, jantung koroner, dan kencing manis. Imam menambahkan, ibu hamil yang berpuasa juga dapat menambah jumlah sel darah putih, di mana kondisi ini dapat menjauhkan serangan penyakit jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Puasa bagi ibu hamil
Puasa bagi ibu hamil
Selain itu, lanjut Imam, puasa bagi ibu hamil dapat membersihkan tubuh dari racun dan kotoran atau disebut juga detoksifikasi, yang dapat membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang membersihkan zat-zat bersifat racun dalam tubuh.

Ahli kebidanan dan kandungan Klinik Yasmin dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM)Jakarta dr Marly Susanti SpOG mengungkapkan  pada ibu hamil, glukosa, insulin, laktat dan carnitin turun, sedangkan trigliseride dan hydroxybutyrate meningkat. Dengan demikian ibu hamil yang mengerjakan puasa Ramadhan, dia dan janinnya tidak akan kekurangan gizi.

Hasil penelitian epidemiologi Cross & Friends terhadap 13.350 bayi Islam yang dilahirkan di Inggris, melahirkan kesimpulan bahwa puasa tidak berdampak pada penurunan berat badan bayi yang baru lahir.

Sebuah penelitian lain juga membuktikan bahwa tidak ada perubahan kadar kolesterol darah maupun kadar gula darah pada orang yang berpuasa, meski terjadi penurunan berat badan sampai 4%.Pada pengukuran kadar kolesterol darah pada pagi, siang, dan sore hari tidak menunjukkan pola perubahan tertentu, bahkan masih termasuk dalam batas-batas normal.

Namun demikian, ibu hamil harus memperhatikan asupan kalori atau gizi yang dikonsumsi. Bagi ibu  hamil asupannya harus lebih sepertiga kali dari asupan makanan orang biasa. Hal tersebut ditujukan untuk menjaga kebutuhan bagi perkembangan janin.

Idealnya, berat badan ibu hamil harus bertambah seiring dengan pertumbuhan berat badan bayi yang dikandungnya. Rata-rata berat bayi yang lahir dari ibu hamil dengan usia kehamilan 4-7 bulan yang menjalankan puasa adalah 3,3 kg. Angka tersebut tidak berbeda dengan ibu hamil yang tidak melakukan puasa.

Jadi, supaya kondisi ibu dan janin tetap terjaga perhatikan asupan suplay makanan selama sahur dan berbuka puasa dan jangan lupa periksakan kesehatan ibu dan janin ke dokter secara teratur.

0 Response to "Apa Pengaruh Puasa Bagi Ibu Hamil dan Janin?"

Posting Komentar

wdcfawqafwef